Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Rabu, 14 Desember 2011

Keindahan Dunia Anak

** HENTIKAN PERANG SEKARANG JUGA! STOP WAR RIGHT NOW! **

Pakdhe U, Jember-Indonesia. Siapa yang tidak mengenal dunia anak? Kita semua pernah berada dalam dunia tersebut, setidaknya baru beberapa tahun yang lalu. Sehingga tidak mungkin kita sudah melupakannya. Meskipun ada beberapa yang tidak, umumnya dunia anak begitu indah, menyenangkan dan seolah tanpa batas.

Bermain, bermain dan bermain adalah sebagian dari pojok dunia anak selain bermanja-manja, merengek serta kasih sayang. Tiada hari tanpa permainan. Tiada hari tanpa bercanda, bersenda gurau. Itulah dunia anak.

Jika diibaratkan sebuah media, anak merupakan secarik kertas polos yang masih membutuhkan proses untuk menulisinya dengan bahasa yang kita mau. Anak bisa juga diibaratkan sebagai sebongkah batu, kayu, atau tanah liat yang masih utuh dan memerlukan tangan ahli untuk mengukir dan membentuknya menjadi sebuah karya yang luar biasa.

Adalah tugas kita sebagai orang tua, sebagai kakak yang baik dan sebagai pengasuh yang bijaksana untuk menuliskan hal-hal baik ke dalam secarik kertas tersebut. Untuk juga mengukirkan pola-pola yang indah di atas bongkahan bahan yang masih polos. Watak seorang anak memang tidak bisa dirubah. Tapi bukan berarti tidak bisa dibentuk. Watak keras dari seorang anak, jika diarahkan dengan baik, dibentuk dengan kesabaran akan menghasilkan karakter tegas yang niscaya sangat diperlukan dalam kepemimpinan hidup si anak kelak.

Sebaliknya, jika watak keras tersebut diarahkan dengan cara yang salah oleh orang-orang yang salah pula, bukan sebuah kemustahilan jika kemudian si anak tersebut akan menjadi egois dan jahat. Semuanya tergantung pada tengan dingin kita dalam mengarahkan dan membentuk karakter anak, sebagai penerus kejayaan bangsa kita.

Terlintas dalam bayangan penulis; anak-anak yang senantiasa ceria dan bermain tanpa lelah, dalam permainan tersebut diselipkan ketrampilan dan pelajaran dasar, maka kelak mereka akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas. Mengapa demikian? Masa anak-anak adalah masa dimana pertumbuhan otak masih berlangsung dan efeknya menjadi baik jika selama pertumbuhan tersebut selalu dirangsang dengan hal-hal yang bersifat baik.

Sementara ini saja gagasan penulis, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya...

** HENTIKAN PERANG SEKARANG JUGA! STOP WAR RIGHT NOW! **

Penulis : Pakdhe U | Editor : Pakdhe U | Blog Client : MS Word 2007 | Sumber : Gagasan Pribadi |Copyright@2011 |____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar