Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Jumat, 13 Maret 2015

Kurma Dan Es Krim Untuk Demam Berdarah

 

Jember (Pakdhe U ®).  Demam Berdarah, atau DB, siapa yang tidak tahu? Penyakit yang selalu muncul pada saat musim pancaroba (peralihan) dari musim hujan ke musim panas, atau sebaliknya. Untuk beberapa kasus, jika penanganan pasien terlambat bahkan bisa menyebabkan kematian. Sebegitu seramnya DB sampai Pemerintah perlu mengeluarkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) jika di suatu daerah ditemukan kasus meninggal karena DB lebih dari 5 orang.

DB disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes agepthy (kalau tidak salah tulis), yang biasa menggigit mangsanya pada saat siang hari. Resiko terkena DB menjadi sangat besar pada saat kita berada pada kondisi fisik yang menurun. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga akan berdampak pada seseorang yang sehat. Asal tegigit nyamuk yang kebetulan mengandung virus, hampir 100% kemungkinannya pasti terkena DB.

Indikator seseorang terkena DB adalah:

  1. Trombositnya menurun jauh dari standar normal sekitar 150, atau ada kecenderungan turun.
  2. Hematokrit maupun Hemoglobinnya tidak stabil.

Hal-hal tersebut hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan darah di Lab. Oleh karenanya tidaklah heran jika seorang pasien yang terduga terjangkit DB akan selalu dipantau setiap hari. Bahkan dalam sehari bisa saja sampel darahnya diambil sebanyak 2 kali, yaitu pagi dan sore hari. Meskipun pada keadaan tertentu jika ada kecenderungan Trombositnya naik, pengambilan sampel darahnya hanya 1 kali perhari.

Ada yang mengatakan jika suhu tubuh juga dimonitor, itu benar juga. Sebab, tanda-tanda DB diantaranya adalah suhu tubuh yang naik drastis, kemudian turun perlahan dan akan naik lagi perlahan selama kurang lebih 2 sampai 4 hari. Meskipun ada beberapa kasus yang bisa bertahan sampai 7 hari.

Angka-angka hari di atas bukanlah waktu menjadi sembuh, melainkan pasien masuk dalam fase kritis pertama. Biasanya masa kritis DB hanya berlangsung 2 hari dan total dari awal panas tinggi atau nilai trombosit turun, sampai dinyatakan sehat adalah 8 hari sampai 10 hari.

Pengalaman dengan si kecil, ternyata nilai trombosit bisa naik dengan cepat dan ada kecenderungan stabil jika banyak makan, banyak minum susu. Ada yang mengatakan pada saya, seorang pasien di ranjang sebelah si kecil yang pernah punya pengalaman terkena DB, minum es krim rasa vanila juga akan meningkatkan nilai trombosit dengan cepat.

Kalau si kecil saya, hari pertama masuk rumah sakit nilai trombositnya drop sampai tinggal 20. Pada hari kedua, karena si kecil banyak minum dan dibantu cairan infus,nilai trombositnya naik menjadi 40. Pada hari ketiga nilai trombositnya naik lagi menjadi 48, setelah banyak minum susu, banyak makan, dan cukup istirahat. Karena dianggap sudah ada perbaikan nilai trombosit, maka saat itu infus langsung dilepas.

Kata Dokter, jika pada hari ke empat nilai trombositnya ada kecenderungan naik, maka saat itu juga bisa langsung pulang. Tapi ternyata nilai trombosit si Kecil justru turun ke 33. Entah karena apa, atau mungkin bagaimana nilai trombosit itu bisa turun, saya tidak paham. Yang pasti pada akhirnya si kecil tidak jadi pulang saat itu juga.

Setelah itu, saya berikan beberapa butir kurma untuk si kecil, karena menurut beberapa orang kurma juga bisa meningkatkan nilai trombosit dengan cepat. Kurang lebih sekitar 1/4 Kg kurma dihabiskan dari hari ke empat pagi sampai hari ke lima siang, ditambah minum susu yang banyak, minum air putih yang banyak, dan menghabiskan makan ransum dari Rumah Sakit.

Hasil yang didapat adalah, nilai trombosit dari sampel darah yang diambil hari ke lima pagi adalah 103. Ini berarti ada kenaikan nilai trombosit 70, dari sebelumnya 33 menjadi 103. Akhirnya, pada siang hari itu juga si kecil diijinkan untuk pulang. Cukup bukti bahwa banyak minum susu, banyak minum air, makan kurma, dan (mungkin) makan es krim vanila cukup membantu meringankan DB.

Saya memang tidak mencoba es krim vanila karena si kecil saya tidak tahan dengan es. Kalau dipaksakan bisa-bisa malah pilek. Oya, selain itu semua si kecil juga mendapatkan Trolit dari Dokter, meskipun hanya habis 2 bungkus saja. Yang pasti, semua ini bisa dicoba.

Baca Juga : Waspada Jika Demam!


Ditulis : Maret 13, 2015

twitter | youtube | facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar