Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Kamis, 08 Desember 2011

Dunia Hanya Seluas Daun Kelor

Jember-Indonesia. Pernah mendengar ungkapan "Dunia tak seluas daun kelor"? Atau setidaknya ungkapan-ungkapan dengan makna yang hampir serupa? Percaya atau tidak, ungkapan tersebut memang ada benarnya meskipun tidak sepenuhnya benar. Lho kok? Iya, daun kelor yang besarnya hanya seluas kuku ibu jari orang dewasa jelas tidak bisa disamakan dengan luasnya dunia.

Tapi siapa menyangka kalau pada kenyataannya luas dunia "saat ini" hanyalah seluas daun kelor!! Ungkapan yang sekaligus menjadi judul posting artikel kali ini, secara realita memang tidak benar. Namun jika ditinjau secara filosofi, penulis sangat meyakini kebenaran dari ungkapan tersebut.

Daun kelor yang kecil, bahkan mungkin lebih kecil dari kuku ibu jari anda sekalian tentu sangatlah mudah jika kita hendak menjelajahinya dari ujung ke ujung. Cukup dengan gerakan bola mata, kita sudah bisa mengamati ujung atas daun ke ujung bawah daun. Bahkan tanpa perlu untuk berjalan.

Terkait dengan luasnya dunia? Nah hal itulah yang akan menjadi inti dari artikel ini. Anda pasti masih mengingat masa-masa anda masih kecil dahulu? Kurang lebih sekitar 30 atau 40 tahun yang lalu. Penulis yakin, pada masa itu sekedar untuk menuju rumah nenek di kampung atau desa yang jaraknya hanya 50 km saja, membutuhkan waktu berjam-jam.

Jangankan itu, beberapa tahun yang lalu, sekitar 10 tahun atau 15 tahunan yang lalu, untuk berkunjung ke Amerika, Eropa dan tempat-tempat lain di belahan dunia lainnya, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Meskipun sudah ada pesawat telepon yang memungkinkan adanya pembicaraan langsung dari dan ke belahan dunia lain, tetap saja masih membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Masa-masa itulah yang disebut sebagai masa dimana "Dunia Tidak Seluas Daun Kelor" karena memang dunia lebih luas.

Coba bandingkan dengan masa sekarang? Dengan adanya perkembangan teknologi transportasi, komunikasi dan kemajuan peradaban, jarak 50 km bukanlah hal yang jauh. Bahkan tidak sampai membutuuhkan waktu 1 jam, jarak tersebut sudah tercapai. Apalagi dengan adanya internet, maka menjelajah Amerika, Eropa, Asia dan belahan dunia lainnya bisa dicapai dalam kedipan mata.

Secara fisik, kita memang tidak berada di tempat yang dimaksud, tapi semua informasi tentang tempat-tempat tersebut sudah kita dapatkan dalam genggaman. Pun begitu sejak ada jaringan telepon internet, begitu mudahnya kita saling bicara dan bertatap wajah menggunakan fasilitas video konferens. Inilah yang dimaksud dengan "Dunia Hanya Seluas Daun Kelor"

Mohon maaf, tulisan ini hanya sekedar menuangkan pendapat dan gagasan yang tersembul diantara serpihan pikiran. Setuju ataupun tidak setuju, itulah pikiran penulis saat ini. Dan sampai jumpa dalam artikel selanjutnya.

Penulis : Pakdhe U | Editor : Pakdhe U | Sumber : Isi Kepala Penulis | Copyright@2011 |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar