Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Kamis, 21 November 2013

Proses Panjang Membuat Video CD Berkualitas Poin 2

Oleh : Pakdhe U®

Jember.id.. Menyambung tulisan saya sebelumnya, Proses Panjang Membuat Video CD Berkualitas Poin 1, kali ini saya akan menyampaikan proses selanjutnya yang tak kalah penting, yaitu proses Editing video. Dalam proses ini, kreatifitas, imajinasi dan daya dukung alat yang digunakan saling terkait satu dengan yang lain untuk menghasilkan output (VCD) berkualitas yang dikehendaki.

Hal paling mendasar sebelum kita melangkah jauh melakukan proses editing video adalah Konsep! Ya, sebuah konsep akan sangat menentukan apa saja yang harus kita persiapkan dalam proses mengedit video nanti. Jadi, sangat mutlak jika kita harus memiliki konsep yang sangat jelas. Tentu kita tidak ingin peristiwa romantis yang kita abadikan akan bernuansa komedi hanya karena kesalahan konsep? Misalkan, seharusnya diberikan musik background yang romantis, eh malah diberikan musik yang lucu?!

Setelah kita putuskan konsep apa yang akan kita gunakan, barulah kita menyiapkan hal-hal pendukung lainnya seperti; musik latar, bentuk dan karakter tulisan dalam judul serta efek khusus yang akan kita terapkan. Bahkan jika perlu, tuliskan semua konsep tersebut dalam selembar kertas panduan, yang nantinya akan sangat mempermudah anda dalam bekerja.

Hal penting lainnya yang tidak boleh dianggap remeh adalah;

Software Video Editing

Dalam dunia video editing, software memerankan hal yang sangat penting. Bisa diibaratkan sebagai jantungnya video editing. Kalau sebuah konsep bolehlah diibaratkan sebagai nafasnya video editing. Software yang kita pilih akan sangat menentukan hasil akhir video kita.

Di pasaran sangat banyak tersedia software-software yang khusus ditujukan untuk editing video ini. Misalnya; Sony Vegas, Ulead Video, Nero Vision, Windows Movie Maker,  Adobe Premiere, Final Cut Pro, Cyberlink Power Director dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu, mana yang terbaik dan akan kita gunakan? Silahkan googling di dunia maya dan carilah referensi tentang software video editing yang terbaik. Terbaik bukan berarti harus ribet dan mahal. Tapi, terbaik dari sisi kepraktisan dan kemudahan pemakaian juga harus dijadikan pertimbangan.

Jika menilik dari pengalaman saya, saya pernah mencoba menggunakan Adobe Premiere, Sony Vegas, Windows Movie Maker, Ulead Video dan yang terakhir saya gunakan sampai saat ini (kurang lebih 3 tahun terakhir) adalah Cyberlink Power Director. Pada kesempatan terpisah akan saya sampaikan step by step mengedit video menggunakan Cyberlink Power Director.

Screenshot Cyberlink PD8

Software apapun yang akan anda gunakan, pastikan anda sudah menguasai seluruh fitur-fitur yang disediakan sehingga anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam mengedit video nantinya.

Hardware

Untuk menghasilkan video yang sekelas cinema, memang spesifikasi komputer yang dibutuhkan sangat tinggi. Tapi, jika kita ingin membuat VCD rumahan untuk kebutuhan sendiri namun visualisasinya setara TV, spesifikasi komputer yang dibutuhkan cukuplah sebagaimana yang dibutuhkan oleh software.

Namun, untuk sekedar tahu saja, spesifikasi komputer milik tetangga saya yang membuka usaha jasa video editing adalah; prosessor intel core i 7, memory 8GB DDR3, VGA NVidia GT 660 - 2 GB VRAM, dan kapasitas Harddisk 1 TB. Memang hasil video yang didapatkan boleh dikatakan sangat bagus, namun selisih tipis dengan hasil video saya.

Samsung ST65 074Padahal saya hanya menggunakan sebuah laptop dengan spesifikasi; intel Core i3, memory 3 GB (upgrade dari 1 GB), intel GMA dan  harddisk 500 GB (upgrade dari 320 GB). Dengan sedikit trik dan kesabaran, hasil video yang didapatkan tidak jauh berbeda. Coba lihat di channel pribadi saya di You Tube.

Output Video Dan Durasi

Output yang saya maksudkan adalah, apakah kita membuat video dalam bentuk VCD ataukah DVD? Karena, apapun output yang kita inginkan sangat mempengaruhi proses editing sebelumnya. Jika kita ingin membuat dalam bentuk VCD, usahakan durasi maksimum video kita tidak lebih dari 60 menit.

Mengapa demikian? Padahal kapasitas CD Rom bisa sampai 80 menit? Ini adalah salah satu cara untuk menghasilkan video yang jernih dan berkualitas. Sedangkan jika kita ingin membuat dalam bentuk DVD, dengan alasan sama, usahakan durasi maksimum video kita tidak lebih dari 100 menit.

Pun demikian pada saat finishing mengedit video atau melakukan render, usahakan disesuaikan dengan output yang kita harapkan. Dalam Cyberlink disebut produce, sementara dalam software lain disebut export.

Dalam hal ini, jika kita ingin membuat video dalam bentuk VCD, maka pilihlah format Mpg1 dan pilihlah format Mpg2 jika dalam bentuk DVD. Format AVI memang kelihatan lebih bagus, namun akan sangat berat jika kita menggunakan komputer dengan spesifikasi pas-pasaan.

Yang terakhir adalah lakukan render video kita lebih dari satu kali jika ingin mendapatkan hasil terbaik. Setidak-tidaknya kita bisa menggunakan fitur yang disediakan dalam software untuk mengecek perlu tidaknya kita melakukan render lagi. Dalam Cyberlink disebut sebagai SVRT (Smart Video Rendering Technology).

Gambar Dari VCD Yang Saya Buat

Proses Burning Video

Proses Burning adalah proses terakhir dari seluruh proses membuat VCD/DVD. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka gunakanlah software CD Burner yang sudah terbukti kehandalannya, seperti Nero Ekspress. Atau, gunakan saja fasilitas create CD yang terdapat dalam software video editing (Cyberlink). Jangan menggunakan kecepatan write yang terlalu tinggi. Cukuplah 10 Kb/s atau paling cepat 18 Kb/s saja.

Demikianlah tulisan tentang Video Editing yang saya sajikan dalam dua poin dan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Meskipun saya menyadari masih banyak kekurangan disana sini, tapi saya yakin setidaknya ini menambah wawasan dan kepercayaan diri anda untuk mencoba membuat VCD/DVD sendiri.

Sumber Artikel : Diolah dari berbagai sumber

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Penulis : Pakdhe U® | Windows Live Writer | Blogger | Copyright @2013 |

see You Tube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar