Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Selasa, 26 November 2013

Benarkah Indonesia Sudah Siap Memasuki 4G (LTE)?

Oleh : Pakdhe U ®2012-11-04 18.46.15

Jember.id.. 4G, generasi ke empat tekhnologi telekomunikasi atau disebut sebagai LTE (Long Term Evolution), kalau tidak salah kutip, merupakan sebuah tekhnologi terkini tentang telekomunikasi. 4G memungkinkan tranfer data berkecepatan sangat tinggi, bahkan berkali-kali lipat kecepatan 3G. Berdasarkan informasi yang saya gali dari berbagai sumber, Indonesia disebut-sebut sudah siap memasuki era 4G ini.

Bahkan beberapa operator telekomunikasi besar sudah berhasil melakukan ujicoba di Jakarta, beberapa waktu lalu. Pemerintah juga sudah memberikan lisensi operasional 4G kepada salah satu perusahaan telekomunikasi, yang khusus menyediakan layanan internet.

Pertanyaan saya kemudian adalah; Benarkah Indonesia sudah siap memasuki era 4G? Wajarlah jika saya lontarkan pertanyaan ini. Sebab, berdasarkan pengalaman saya sendiri, yang selalu bergelut dengan dunia maya – walau untuk sekedar blogging, browsing, chatting dan facebooking – sepertinya terlalu naif jika menyatakan kita sudah siap 4G.

Di tempat favorit saya saja (rumah mertua), yang secara garis lurus dari BTS milik provider kepercayaan hanya berjarak 1,75 KM, dan hanya 2 KM dari BTS lainnya yang juga milik provider yang sama, untuk mendapatkan sinyal 3G saja susahnya minta ampun. Jika cuaca kebetulan bersahabat, sinyal yang saya peroleh hanya -109 dBm paling bagus. Kalau cuaca sedang tidak bersahabat, jangankan 3G, sinyal EDGE saja sangat susah, paling bagus cuma -107 dBm saja.

Kalau kebetulan saya harus memposting tulisan Blog, atau sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil, saya harus mengalah dan mengungsi ke tempat lain yaitu rumah orang tua sendiri yang jarak dari BTS cuma 700 m. Memang boleh dikatakan koneksinya lancar dan tergolong stabil. Tapi,mungkin karena kekuatan sinyal 3G yang diperoleh cuma -75 dBm, kemampuan untuk melakukan upload video ke You Tube cukup menguras waktu, alias laaa…..ma.

Tapi, yang perlu untuk di garis bawahi dan menjadi catatan adalah, apa yang terjadi saat ini sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dua tahun lalu, saat awal saya mulai menulis Blog. Kalau saya ingat waktu itu, rasanya sangat ngeri. Bayangkan, untuk menulis atau memposting sebuah judul saja lamanya minta ampun. Jadi yang sekarang termasuk lebih cepat, meskipun tidak bisa dikatakan terlalu cepat.

Beberapa hari terakhir, saya sering melihat adanya beberapa orang yang bekerja melakukan penggalian di sepanjang jalan. Hal ini sama persis dengan ketika jangkauan 3G hampir melayani daerah tempat tinggal saya. Saya coba menanyai mereka, dan benarlah, galian itu untuk proyek kabel optik milik salah satu operator seluler yang nantinya digunakan untuk keperluan internet kecepatan tinggi.

Apakah yang dimaksud dengan internet kecepatan tinggi tersebut adalah 4G (LTE)? Ataukah hanya sekedar upaya peningkatan kapasitas jaringan 3G yang dimiliki oleh operator seluler tersebut? Tidak ada seorangpun yang tahu, kecuali para pejabat yang berwenang dan terlibat di dalamnya. Ya, semoga saja itu memang untuk persiapan menjelang dioperasikannya 4G!

Kalaumemang 4G benar-benar mendarat di Indonesia dan khususnya ada di daerah saya, alangkah senang hati ini karena bisa lebih produktif lagi blogging, lebih giat lagi browsing untuk mencari bahan tulisan, lebih sering lagi facebooking dan gak bakalan lelah berbagai video karya sendiri di You Tube.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber—2013.

Penulis : Pakdhe U ® | Windows Live Writer | Blogger | You Tube | Copyright @2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar