Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Jumat, 21 Oktober 2016

Guru Pembelajar Online

By : Pakdhe U®
Dj. Sudah cukup lama saya tidak bersentuhan dengan komputer. Selain karena Laptop kesayangan “jebol”, setelah terlalu banyak saya gunakan untuk editing Video, kesibukan saya yang lain adalah menjadi driver antar jemput ke Bandara. Alhasil, saya tidak memiliki cukup waktu dan ruang untuk sekedar berinteraksi dengan komputer.
Namun beruntunglah hal tersebut tidaklah berlangsung terlalu berlarut. Karena semenjak beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 17 September 2016, saya kembali memiliki sebuah Laptop. Bukan sepenuhnya milik saya sih, tapi setidaknya dengan Laptop itu saya memiliki kesempatan yang cukup besar untuk kembali beraksi di dunia Blog.
Si Lenny, demikian saya menamai Laptop tersebut, karena memang lansiran Lenovo. Entah apa yang mendasari saya memilih brand ini, tapi yang jelas dari sisi spesifikasi teknis, plus harga retailnya, adalah yang paling mendekati ekspektasi saya. Hehehe…. baca saja cukup ekonomis.
Sebenarnya si Lenny dibeli oleh kakak sepupu istri saya, karena sedang membutuhkan untuk keperluan GPO. Apa itu GPO? Saya pada awalnya juga bertanya demikian, tetapi pada akhirnya saya mengetahui bahwa GPO adalah kependekan dari Guru Pembelajar Online.
Singkatnya, GPO adalah sebuah diklat yang diselenggarakan secara online oleh Pemerintah melalui lembaga P4TK, dan bersifat wajib bagi semua guru yang mendapatkan undangan secara online pula. Nah, kebetulan kakak sepupu istri saya tersebut juga terjaring program ini.
Masalahnya, kakak sepupu istri saya ini termasuk orang “jadul”, jaman dulu, yang tidak mampu mengikuti trend perkembangan jaman. Alias golongan orang-orang yang gagap teknologi. Jangankan untuk bekerja secara online (seperti blogger, dsb), untuk sekedar mengetik menggunakan Laptop saja jari-jarinya seperti jalan tol di saat lebaran, alias merayap.
Berbekal pengalaman saya di dunia online, meskipun gak begitu berpengalaman banget sih, maka ditunjuklah saya sebagai mentor atau asisten pribadi kakak sepupu istri saya tersebut. Yang menjadi tugas saya adalah; mengoperasikan Laptop selama dibutuhkan untuk kegiatan GPO. Termasuk juga mendownload seluruh materi yang ada, dan mengeprint semuanya agar kakak bisa mempelajarinya.
Awalnya memang gak begitu memahami apa yang dimaksud dalam modul, jelas karena saya bukan guru. Tapi setelah beberapa sesi, akhirnya saya bisa menemukan ritme yang pas dalam menjalani program tersebut. Dengan mengetahui dan menemukan ritme yang pas, saya dan kakak bisa meluangkan banyak waktu karena semua waktu yang terpakai sangat efisien.
Pagi hari setelah sholat subuh, saya online untuk mengunduh beberapa file penting dalam modul GPO. Kemudian saya print untuk saya serahkan ke Kakak sebelum kakak berangkat mengajar. Siang  hari sepulang mengajar, giliran kakak yang membuat draft terkait file yang diunduh pada pagi harinya, dan kemudian menyerahkannya pada saya sore hari. Malam harinya saya mempelajari draft tersebut, menyempurnakan apa yang perlu disempurnakan untuk kemudian di upload pada keesokan harinya.
Pada saat-saat tertentu, ketika modul mengharuskan kita melakukan praktikum, maka saya berperan sebagai driver sekaligus fotografer. Bahkan harus menjadi video editor sekaligus. Kenapa? Karena semua kegiatan tersebut harus didokumentasikan sedemikian rupa. Adapun kegiatan itu dilakukan bersama peserta lain yang tempatnya cukup jauh dari rumah.
Berikut ini adalah video kegiatannya;
Dan..
yang ini juga..
 
Beberapa foto kegiatannya adalah seperti berikut ini;
Foto Praktikum 2Foto Praktikum 3Foto Praktikum 4
Sementara, ini dulu yang bisa saya share dalam Blog ini. Maaf jika terkesan agak kaku karena cukup lama saya vakum.
Trims.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar