Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Kamis, 27 Oktober 2016

Beralih Ke Open Live Writer

By : Pakdhe U ®


Dj. Menulis Blog sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Mulai dari kalangan biasa sampai artis-artis papan atas juga ada yang memiliki Blog pribadi. Isinya bermacam-macam; mulai dari sekedar sharing ulasan bulu mata palsu, daily diary yang berisi curhatan tentang gebetan, sampai pamer harta kekayaan pribadi. Whuiz…pokoknya macem-macem deh!

Dulu, pada awal-awal saya ngeblog, saya lebih suka menggunakan blog client offline. Yup, karena mood saya menulis bisa kapan saja dan dimana saja. Lagipula, kesempatan saya untuk online tidak selalu tersedia setiap saat. Hehehe… baca saja karena keterbatasan ekonomi sambungan internetnya gak tentu.

Aplikasi yang saya gunakan adalah produk microsoft, yaitu windows essensial 12, yang sudah pernah saya ulas dalam blog saya terdahulu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengetik dimana saja, kapan saja kita ada ide, tentu ada mood juga, tanpa harus terhubung online.

Sebenarnya aplikasi WLW (windows live writer; bagian dari windows essensial 12) adalah aplikasi yang powerfull, mudah digunakan dan gak ribet. Tapi, sejak Laptop saya rusak, hingga akhirnya harus ganti baru, yang otomatis harus setting ini dan itu lagi, wlw tidak bisa lagi login pada blog saya.

Yeahh, setelah beli kemenyan (baca; paket internet), saya luangkan waktu untuk menemui mbah Google untuk menelisik sebab musababnya si wlw ini ngambek. Eh nyata ternyata, microsoft udah mengganti format netfrontnya (nah yang ini saya bener-bener gak paham) sehingga meskipun kita gunakan ratusan cara, blog kita gak bakalan bisa di akses dari wlw.

Akhirnya, saya masuk ke softpedia untuk mencari aplikasi pengganti wlw yang sudah almarhum dengan mengetikkan kata kunci live writer. Eh, yang muncul adalah Open Live Writer. Gak mudah percaya, saya langsung masuk ke Wikipedia untuk mencari sisik melik tentang open live writer (OLW) ini.

Ternyata olw merupakan pengembangan dari wlw yang sudah dibuat menjadi open source. Artinya apa? OLW merupakan reinkarnasi dari aplikasi WLW. Hanya saja OLW bersifat open source yang siapapun bisa mengembangkannya menjadi lebih baik.

Penasaran, saya langsung mengunduhnya (download) dari softpedia dan pada saat itu juga langsung saya install. Proses instalasinya tidak membutuhkan waktu lama asalkan jaringan internetnya bagus, karena kita diminta untuk sign in ke akun google kita. Beberapa saat aplikasi olw mengunduh template dan pernik-pernik blog kita.

Setelah selesai semuanya, kita bisa langsung mengetik blog secara offline dan segera mempublishnya, atau bisa juga menjadwalnya jika kita terhubung dengan internet. For your info, tampilan dari olw ini 100% persis dengan tampilan wlw. So, bagi yang terbiasa mengetik blog offline menggunakan wlw, sepertinya sudah tidak asing lagi. Rasanya seperti tidak ada perubahan.

===

Trims untuk

1. http://www.sogabo.info/2015/12/windows-live-writer-tidak-bisa.html

2. https://en.wikipedia.org/wiki/Open_Live_Writer

3. softpedia di http://www.softpedia.com/get/Internet/News-Newsgroups-Blog-Tools/Windows-Live-Writer.shtml

4. http://openlivewriter.org/

====

Beserta semua pihak yang sudah menginspirasi…

==================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar