Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Sabtu, 10 Agustus 2013

Polisi Berpakaian Preman

Atau, Polisi Bertabiat Preman?

Oleh : Pakdhe U ®

Jember.id—Rasanya cukup menarik jika mengamati beberapa berita di media massa, khususnya terkait penerapan istilah “Polisi Berpakaian Preman.” Sering saya menemui pemberitaan-pemberitaan, utamanya tentang pengamanan suatu event, atau penangkapan penjahat kelas kakap, yang menyebutkan adanya keterlibatan polisi tanpa seragam dinas. Media sering menyebut sebagai “Polisi Berpakaian Preman.”

Kita semua tahu, paham, dan mahfum, apa yang namanya ‘Preman’ itu identik dengan sesuatu atau memiliki konotasi ‘negatif.’ Mungkin maksud dari pemberitaan tersebut adalah; tentang adanya polisi yang tidak berseragam dinas atau bisa dikatakan sebagai Polisi Berpakaian sipil. Sah-sah saja menggunakan istilah apapun dalam dunia media, tapi, bukankah lebih bijak jika menggunakan bahasa yang lebih halus serta tidak mengandung konotasi yang negatif.

Polisi, sebagai abdi negara, pengayom masyarakat, sejatinya tidak pantas menyandang istilah ‘Preman’ dalam satu pemberitaan, meskipun yang dimaksud hanyalah sekedar ‘bajunya’ belaka. Saya mengkhawatirkan jika suatu saat nanti, cap tersebut (preman) dapat melekat dalam diri Polisi kita. Sehingga kemudian ada beberapa oknum Polisi yang berperilaku, bertabiat dan berdinas dengan gaya-gaya preman.

Mungkin, diantara pembaca sekalian ada yang sependapat dengan saya? Tapi, melihat dari seringnya pemberitaan-pemberitaan tentang penganiayaan tahanan di penjara Polsek, khususnya terhadap residivis kambuhan (mungkin juga tahanan biasa yang lain), sepertinya tabiat-tabiat Preman memang nampak jelas. Semoga saja itu hanyalah ulah sebagian kecil oknum kepolisian kita saja. (Pakdhe U ®/windows live writer/blogger/2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar