Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Rabu, 08 Februari 2012

Mewujudkan Kasih Sayang Dengan Sepenuh Hati

Bunga Desember

Pakdhe U®, Jember-IDN. Februari. Bulan yang paling dinanti-nanti, khususnya oleh mereka para muda di seluruh penjuru dunia. Apa yang dinantikan oleh mereka di bulan Februari? Ya, adalah valentine. Sebuah hari yang dinobatkan sebagai hari kasih sayang. Perayaan penuh kasih sayang, hadiah dan bermacam-macam acara, sudah pasti akan mereka persiapkan.

Tidak ada yang mengetahui secara pasti, mengapa 14 Februari ditetapkan sebagai hari valentine. Pun demikian dengan, siapa pencetus pertama atau singkatnya, darimana asal-usul valentine itu sendiri. Ada yang mengatakan, valentine berasal dari Eropa. Bahkan ada yang mengatakan dari Afrika.

Apakah sebenarnya valentine itu? Juga tidak ada seorangpun yang tahu pasti. Yang mereka ketahui hanyalah sebatas, memberikan ungkapan kasih dan sayang kepada pasangannya serta kepada orang-orang yang mereka sayangi. Ada yang mengaitkan valentine dengan sebuah agama, kepercayaan atau keyakinan tertentu, meskipun sebenarnya tidak ada satu orangpun yang bisa menjamin akan hal tersebut.

Secara umum, valentine disimbolkan dengan bunga-bunga, Mawar, Tulip, atau Anggrek dan sebagainya. Adakalanya juga disimbolkan dengan coklat maupun makanan-makanan lainnya. Meski tidak salah juga jika disimbolkan dengan sebuah kartu ucapan saja.

Terlepas dari semua uraian di atas, penulis memiliki argumen tersendiri terkait valentine. Yaitu, kegiatan ini bisa disebut sebuah kegiatan positif dan mempunyai poin lebih untuk menjadikan kita sedikit lebih baik dari sebelumnya.

Valentine, jika dilihat dengan menggunakan hati yang jernih, ternyata tidak hanya sekedar berbagi kasih, berbagi hadiah bahkan juga sekedar berbagi ucapan. Namun lebih kepada bagaimana kita menghargai makna kasih sayang kepada sesama. Bagaimana kita memberi nilai pada arti sebuah cinta dan bagaimana kita bisa menterjemahkan kasih sayang tersebut dengan perbuatan yang benar.

Bagi kebanyakan orang, menterjemahkan kasih sayang paling umum adalah dengan sentuhan fisik berupa ciuman, pelukan maupun elusan. Sedangkan bagi sebagian orang yang lain, perwujudan kasih sayang tidak pernah mutlak ditampilkan, melainkan hanya dikondisikan sebagaimana diharapkan. Misal, kita senantiasa memberikan rasa nyaman, tenang, damai, dan penuh hormat kepada siapapun umat manusia.

Moment valentine, adalah merupakan saat yang paling tepat bagi kita untuk menghentikan seluruh permusuhan, konflik dan penderitaan-penderitaan yang ditimbulkan olehnya. Juga saat yang tepat untuk mendudukkan permasalahan kepada hal yang semestinya, dalam konteks ini adalah dengan membuka diri untuk bersilaturrahmi atau bermufakat menemukan titik temu secara bersama.

Jika ada pihak yang menghalalkan sebuah peperangan demi alasan hak azasi manusia dan alasan kemanusiaan, sepertinya mereka perlu untuk meluangkan waktu duduk di depan perapian dan merenung lebih dalam. Apakah tindakan mereka sudah benar? Apakah alasan mereka sudah benar? Benar menurut siapa?

Ayolah, dalam moment valentine 2012 ini kita sama-sama membuang ego kita. Membuang ego yang selama ini telah merasuki hati kita sehingga kita menjadi busuk. Ego yang selama ini telah menutup mata kita terhadap keindahan sebuah kebersamaan. Ayo, kita sama-sama membangun pembaruan kehidupan yang lebih layak untuk anak cucu kita.

Oke, dalam kehidupan kita memang ada, bahkan sangat banyak perbedaan diantara kita. Perbedaan prinsip, pandangan, keyakinan dan juga kepentingan. Namun, janganlah perbedaan itu kemudian dijadikan alasan untuk memulai konflik. Seharusnya, perbedaan itu kita gunakan untuk menggerakkan hati kita untuk saling melengkapi. Bukankah perbedaan itu indah?

Dari hati yang tulus, penulis menitipkan sepenggal ucapan kasih sayang untuk saudaraku di seluruh belahan dunia; dari Alaska sampai Antartika, dari London sampai Lebanon, dari Jakarta sampai Jepang, dari Surabaya sampai Suriname, dari Mesir sampai Malaysia dan dari tempat-tempat lain di muka bumi.

Juga penulis titipkan secuil keprihatinan untuk saudara-saudaraku yang masih terselimuti cobaan kehidupan. Semoga damai masih berkenan menyentuh tanah Palestina. Semoga kemakmuran berkenan menyentuh tanah Somalia. Semoga kejayaan berkenan menghampiri tanah Nusantara.

Selamat Valentine 2012 dan sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.

Sumber : Dari berbagai sumber yang terkait, Pendapat pribadi Penulis.

^^ Perdamaian yang hakiki adalah, ketika kita mampu menempatkan perasaan cinta kita untuk menghargai perasaan orang di sekitar kita ^^ (Pakdhe U)

>> Hentikan Perang saat ini juga dan tebarkan kedamaian di seluruh jiwa kita <<

Penulis : Pakdhe U | Editor : Pakdhe U | Blog Client : Windows Live Writer 2011 | Copyrights © 08022012/1416 www.pakdheu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar