Ucapan Selamat Datang

SELAMAT MENYIMAK SETIAP ULASAN YANG KAMI SAJIKAN

Senin, 06 Mei 2013

PhotoScape Bagi Yang Hobi Cetak Foto Digital

By : Pakdhe U ®

Jember—INA. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa saat ini adalah era digital. Era dimana semua hal, baik yang sederhana maupun yang rumit, tersentuh oleh faktor digital atau lebih singkatnya adalah, semua serba digital dan praktis. Termasuk pula dalam dunia fotografi, tak luput dari sentuhan digital. Baik itu dalam perangkat, media maupun sistemnya, semua sudah serba digital.

Saya masih ingat betul ketika masih kecil, sekitar di tahun 90-an, waktu itu untuk mengabadikan sebuah momen kita masih harus menggunakan kamera analog, meskipun sudah ada kamera pocket yang simpel dan sederhana, namun tetap saja kita membutuhkan sebuah film, negatif film tepatnya, untuk menghasilkan sebuah hasil foto yang kita harapkan.

Itupun tidak serta merta langsung bisa kita nikmati hasilnya, masih harus melalui proses pencucian film, proses pencetakan dan baru bisa mengetahui hasilnya. Seringkali saya mendapatkan hasil yang buruk, tidak fokus dan bahkan tidak jadi. Yang ada hanyalah penyesalan dan kerugian, karena ternyata sebuah momen penting tidak dapat terdokumentasikan dengan baik.

Kini, dengan hadirnya era digital, semua hal terkait fotografi seolah menjadi begitu mudah. Bahkan dengan sebuah handphone berkamera saja kita sudah bisa memuaskan hasrat kita dalam hobi fotografi. Untuk menghasilkan foto yang kita inginkan juga tidak terlalu susah, hanya cukup melihat pada layar playback di setiap peralatan kamera atau handphone, edit sederhana dan simpan. Kalau tidak puas, bisa ambil gambar lagi, sangat mudah!

Permasalahan baru timbul ketika kita ingin mencetak foto-foto yang sudah kita dapatkan tadi. Terlalu banyak foto yang harus dicetak, tentu membutuhkan banyak (mungkin sangat) uang untuk mencetaknya di Lab foto. Belum lagi jika interval kita mengambil gambar termasuk sering. Bisa runyam jika harus bolak-balik ke Lab atau studio foto hanya untuk sekedar mencetak foto kita.

Saya yang sangat hobi fotografi, baik itu hunting obyek foto maupun edit ringan hasil foto, tentu sangat mengharapkan hasil cetakan yang berkualitas untuk mempelajari dan mengembangkan kemampuan fotografi saya. Jika harus bergantung pada studio foto, tentu sangat tidak ekonomis (baca: mahal).

Beruntung pada saat saya surfing internet, saya menemukan solusi atas permasalahan saya tersebut. Saya berhasil menemukan PhotoScape, yang menurut saya cukup simpel dan menawarkan kemudahan dalam mencetak foto sesuai keinginan kita.

Apa itu PhotoScape?

PhotoScape adalah sebuah software free yang didedikasikan untuk mencetak foto digital kita dalam berbagai ukuran yang kita kehendaki di atas kertas cetak apapun yang kita inginkan. bahkan di kertas biasa. Kenapa? Karena PhotoScape terintegrasi dengan printer kita. Jadi, settingan printer kita juga merupakan settingan PhotoScape.

Interface Photoscape

Gambar ini adalah tampilan awal dari program PhotoScape yang nampak bersih dan simpel. Di sebelah kiri adalah gambar yang disediakan oleh PhotoScape dan akan selalu berganti jika kita terhubung ke internet. Meskipun demikian, kita juga bisa memilih untuk tidak menampilkannya. Sedangkan di sisi sebelah kanan adalah deretan menu dalam format rotasi yang meliputi, editor, print, dan sebagainya.

Tampilan

Gambar ini adalah tampilan jendela print foto, dimana sebelah kiri adala deretan file atau folder yang bisa kita cetak. Sedangkan sisi sebelah kanan adalah file foto yang siap untuk dicetak. Untuk mengambil file dari sisi kiri untuk ditempatkan di sisi kanan sangat mudah, hanya menggunakan sistem drag & drop. Atau bisa juga dari editor kita menggunakan copy paste.

Pilihan Ukuran

Mengenai ukuran foto yang bisa kita dapatkan? Jangan khawatir, karena PhotoScape menyediakan ukuran dari 3x4 sampai batasan maksimum kemampuan printer kita. Ini karena dalam PhotoScape kita bisa mengeset ukuran sesuka kita. Mau 4x6, 10x15, 20x25 bahkan 100x200 cm. Semuanya sangat mudah meskipun terbatas pada kemampuan printer kita.

Sedangkan bagi anda yang lebih kreatif atau kreatifitasnya gila-gilaan, dalam menu editor foto, meskipun tidak selengkap dan secanggih Photosop, anda bisa mengubah foto anda menjadi lucu, menarik dan lain dari yang lain. Karena PhotoScape menyediakan beberapa tool untuk menambah dan mempercantik gambar atau foto digital kita.

Mengapa Harus PhotoScape?

Saya menggunakan PhotoScape sejak tahun lalu, dan tidak ada masalah dalam hal mencetak foto. Apa yang terlihat dalam screen komputer, itulah yang tercetak, dalam arti sama sekali tidak terjadi kesalahan warna, gradasi warna berlebih maupun hilangnya bagian foto.

Saya sudah memiliki koleksi puluhan foto yang dicetak menggunakan PhotoScape dan semua koleksi saya tersebut hanya dicetak di atas kertas HVS 70 gsm. Hebatnya lagi, kualitas yang didapat sangat bagus untuk ukuran mencetak di kertas biasa. Hasil yang sedikit lebih baik saya dapatkan ketika mencetak pada kertas foto, meskipun yang cukup murah.

Yang menjadi kepuasan bagi saya adalah, PhotoScape memiliki settingan cetak sesuai dengan settingan printer kita. Kebetulan printer saya Canon memiliki settingan cetak poster, dan dari settingaan cetak poster tersebut saya sudah mencetak 10 lebih foto berukuran mulai 2xA4, 4xA4, 9xF4 dan 2xF4. Semuanya memiliki hasil yang maksimal. Saya pajang foto tersebut di atas dinding dan nampaklah seperti foto keluaran studio.

Dapatkan PhotoScape

Jadi, jika anda adalah penghobi dunia fotografi digital, penghobi cetak foto digital dan memiliki kreatifitas tanpa batas, untuk mendampingi Photosop, CorelDraw atau software multimedia lainnya, silahkan coba PhotoScape  sekarang juga di sini (Softonic) atau kunjungi website PhotoScape langsung.

Rara Cantiknya nya

Ini adalah foto Putri kesayangan saya yang sudah di “permak” dengan menambahkan rambut yang lebat, padahal usianya masih 10 bulan. Foto ini juga salah satu foto yang saya besarkan 2 x kertas A4 dan saya pajang di ruang tamu. Sekian saja ulasan saya, sampai jumpa pada tulisan berikutnya. Salam.

Penulis, Editor : Pakdhe U/Windows Live Writer/©605-2013.

Sumber :

  1. PhotoScape
  2. Google
  3. Pengalaman Pribadi
  4. Sumber-sumber lain.

ARTIKEL TERBARU >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar